Statistik MM

Multiple myeloma adalah kanker darah terbanyak di dunia setelah leukemia. Saat ini, diperkirakan sekitar 750.000 orang di seluruh dunia hidup dengan multiple myeloma.

Di Amerika Serikat

Lebih dari 100.000 orang penyandang MM berada di Amerika Serikat. Institute Kanker Nasional Amerika Serikat (NCI) memperkirakan bahwa myeloma mewakili hampir 2% dari semua kanker yang didiagnosis di negara itu.

Pada tahun 2016, sebanyak 30.330 orang di Amerika Serikat terdiagnosis memiliki MM. Usia rata-rata saat diagnosis adalah 69 tahun, dengan 76% pasien berada di rentang usia 55 dan 84. Hanya 5% -10% pasien yang berusia di bawah 40 tahun. Myeloma pada anak-anak pernah dilaporkan, tetapi sangat jarang. Myeloma lebih sering terjadi pada pria daripada wanita (rasionya 1,44 : 1) dan pada orang keturunan Afrika-Amerika. Hasil penelitian NCI juga mengindikasikan bahwa multiple myeloma juga meningkat di beberapa bagian dunia, terutama di Asia.

Di Indonesia

Hingga saat ini, jumlah pasien MM di Indonesia belum tercatat dengan pasti.

Menurut penelitian dr. Hilman Tadjoeddin dkk pada tahun 2011, dari 70 pasien yang diambil sebagai sampel, lebih dari 65% berusia lebih dari 50 tahun. Sisanya berusia antara 30-50 tahun pun cukup banyak (30%). Pasien di bawah usia 30 tahun ditemukan, namun sangat langka (2.8%).

 

Sumber:
International Myeloma Foundation Patient Handbook Ed. 2017
Indonesian Journal of Cancer

 

Berikutnya

Apa itu MM
Gejala
Jenis
Klasifikasi
Stadium
Lab & Diagnostik
Pengobatan & Perawatan
Mengelola Efek Samping
Dokter Spesialis
BPJS
FAQ – Pertanyaan Umum